Cara Mengaktifkan Mode Offline di Google Chrome (Internetan Tanpa Kuota)


Saat kalian bepergian jauh ke tempat yang mana tidak ada koneksi internet ataupun ada koneksi tapi lemotnya bikin geregetan. Sedangkan kalian ingin browsing untuk mencari informasi atau sekedar mencari hiburan dengan membaca cerpen di internet. Pastinya bingung kan kalo gak bisa akses internet. Nah tenang aja, kali ini Caranepedia akan kasih tau cara mengaktifkan mode offline di Google Chrome. Loh, apa hubungannya mengaktifkan mode offline sama gak bisa akses internet? Ada dong, jadi dengan mengaktifkan mode offline ini, kalian bisa mengakses internet meskipun dalam keadaan tidak ada koneksi internet.

Jadi, dalam mode offline ini, Chrome akan membuat cache lokal (memori sementara) dari semua halaman web yang kalian kunjungi. Jika kalian mengunjungi halaman web yang pernah kalian kunjungi itu lagi tanpa ada koneksi Internet, Chrome akan menampilkan salinan halaman web tersebut dari cache yang tersimpan.

Mungkin bagi sebagian orang belum tahu akan fitur ini karena fitur ini masih dalam tahap eksperimen dan belum dirilis secara resmi, jadi tidak mudah untuk menemukannya dan mungkin masih memiliki beberapa bug (meskipun sejauh ini berfungsi dengan baik untuk saya). So, piye carane? Simak caranya di bawah ini!

Cara Mengaktifkan Mode Offline di Google Chrome

Sebelum kalian mengaktifkan mode offline, kalian harus mengaktifkan fitur dari flag Chrome. Ini adalah fitur yang sedang dikembangkan yang belum selesai dan mungkin bisa berdampak negatif pada saat kalian melakukan browsing. Jika kalian tidak tahu apa yang kalian lakukan, lebih baik jangan aktifkan / nonaktifkan fitur lain yang tercantum di sini, atau kalian akan bertanggung jawab penuh atas segala kerusakan. Cukup ikuti cara di bawah ini dengan tepat, dan kalian seharusnya tidak akan mendapatkan masalah.

Mengaktifkan fitur dari flag Chrome

1. Di kolom pencarian alamat di Google Chrome, ketik chrome://flags dan tekan Enter. Lalu akan muncul daftar settingan fitur-fitur dengan peringatan di bagian atas agar kalian tidak merubah pengaturan fitur-fitur tersebut.



2. Di sini kalian harus menemukan fitur bernama "Show Saved Copy Button". Akan sedikit sulit untuk menemukan di antara begitu banyak fitur lainnya, jadi ketik saja "saved copy" ke dalam kotak flag Search agar bisa menemukannya dengan cepat.



3. Setelah kalian menemukannya, klik tombol "Default" untuk membuka menu pilihan drop-down. Kalian akan melihat 4 pilihan, yakni Default, Enable: Primary, Enable: Secondary, dan Disable.
  • Pilihan Primary akan meletakkkan tombol Show Saved Copy di halaman error.
  • Pilihan Seconday akan meletakkan tombol Show Saved Copy di sebelah tombol reload pada menu.


4. Pilih pilihan Enable: Primary, dan kalian akan melihat tombol "Relaunch Now" di bagian bawah Chrome. Klik untuk memulai ulang Chrome, dan mode offline akan diaktifkan.



Membuka halaman web offline

Sekarang setelah mode offline diaktifkan, kalian bisa browsing seperti biasanya. Chrome akan terus membuat cache dari semua halaman web yang kalian kunjungi. Dan saat kalian sedang tidak tersambung internet (offline), jika kalian mengunjungi halaman web yang pernah kalian buka sebelumnya, kalian akan melihat tombol "Show Saved Copy" di halaman error. Tekan tombol itu, dan halaman akan dimuat dan tampil seperti saat kalian melihat dengan koneksi internet yang tersambung.



Chrome akan me-cache gambar, konten HTML, JavaScript, stylesheet CSS, dan segala sesuatu yang tidak memerlukan koneksi internet aktif untuk menampilkannya. Halaman terlihat hampir sama dengan yang asli. Meskipun, konten seperti video aktif tidak akan bisa ditonton.




CATATAN :
  • Cara diatas bisa kalian gunakan untuk Google Chrome baik di hp android dan komputer atau laptop yang bersistem operasi Windows, Mac, Linux, dan ChromeOS.
  • Semua halaman web disimpan sebagai "Cache Internet," dan jika "Cache Internet" ini dihapus, semua data yang disimpan juga akan dihapus. Program atau aplikasi pembersih browser (seperti CCleaner atau Clean Master) bisa menghapus "Internet Cache" dalam pemrosesan, jadi hindari menggunakan tersebut atau hapus centang Chrome "Internet Cache" dari daftar pembersihan.

Piye? Gampang kan? Itulah cara mengaktifkan mode offline di Google Chrome yang bisa kalian gunakan di Android maupun komputer atau laptop kalian untuk membuka website dalam keadaan offline tanpa internet. Semoga bermanfaat~