Cara Menggunakan Whatsapp di Komputer / Laptop dengan WhatsApp Web


WhatsApp adalah aplikasi chatting yang paling banyak digunakan orang Indonesia saat ini. Tidak bisa dipungkiri, hampir semua orang yang menggunakan gadget, baik orang tua atau khalayak muda, pasti terinstall aplikasi ini. Selain bisa digunakan di hp Android atau iPhone, WhatsApp juga bisa digunakan di komputer atau laptop. Dengan WhatsApp Web, kalian bisa dengan mudah dan cepat untuk menggunakan pesan WhatsApp di komputer atau laptop kalian. WhatsApp Web memberikan sebagian besar fitur WhatsApp yang kalian sukai, hanya saja dalam bentuk desktop. Berikut Caranepedia akan kasih tau cara menggunakan WhatsApp di komputer atau laptop dengan WhatsApp Web. Piye carane? Simak caranya di bawah ini!

Cara Menggunakan Whatsapp di Komputer / Laptop dengan WhatsApp Web


Apa yang harus kalian siapkan?

Secara umum, ini adalah proses yang sederhana dan kalian sudah pasti memiliki bahan-bahan yang diperlukan. Tapi demi ketelitian, berikut hal-hal yang harus kalian siapkan.
  1. HP Android atau iPhone dengan kamera belakang yang berfungsi.
  2. Komputer atau laptop dengan program browser web modern, seperti Mozilla Firefox atau Google Chrome.
  3. Koneksi internet yang stabil untuk hp dan komputer atau laptop.
  4. Aplikasi Whatsapp di hp dengan versi yang sudah diperbarui.
Kalian bisa mendownload aplikasinya disini gratis : WhatsApp untuk Android atau Iphone iOS.

Bagaimana WhatsApp Web bekerja


WhatsApp Web tidak memiliki semua fitur seperti yang disajikan di aplikasi hp. Faktanya, WhatsApp Web tidak bisa dipakai tanpa aplikasi WhatsApp di hp. Kalian membutuhkan hp untuk terhubung, dan kemudian menggunakannya.
WhatsApp Web ini pada dasarnya adalah tiruan dari WhatsApp di hp kalian. Jika pesan datang ke hp kalian, kalian akan melihatnya di WhatsApp Web. Jika hp kalian tidak mendapatkan pesan karena tidak tersambung koneksi atau dimatikan, maka kalian juga tidak akan melihat pesannya di WhatsApp Web.
Meskipun terlihat buruk daripada aplikasi chat lainnya, tetapi dalam beberapa hal, WhatsApp Web juga membuat aplikasi lebih aman.

Cara menggunakan WhatsApp Web

Setelah semua bahan-bahan kalian siapkan, menggunakan WhatsApp Web sangat mudah.

1. Buka program browser (Mozilla Firefox atau Google Chrome) di komputer atau laptop kalian, dan kunjungi halaman website web.whatsapp.com.



2. Buka aplikasi WhatsApp di hp kalian, tekan tombol Setting (titik tiga) di pojok kanan atas, terus pilih WhatsApp Web.



3. Tekan tombol Tambah (+) di pojok kanan atas, yang nantinya akan mengaktifkan scanner, yang nantinya hp kalian akan mengaktifkan scanner kamera.



4. Scan kode QR (Gambar tak beraturan yang berbentuk kotak) yang ada di WhatsApp Web di browser komputer atau laptop kalian.

Begitu WhatsApp membaca scan kode QR, WhatsApp akan terhubung dari hp ke komputer kalian. Dalam sekejap, WhatsApp Web dan WhatsApp mobile akan disinkronkan.

Apa yang BISA kalian lakukan dengan WhatsApp Web

  • Menggunakan keyboard komputer atau laptop untuk mengetik.
  • Mengakses media (foto, video, audio). Kalian juga bisa download media apa saja secara langsung ke komputer kalian.
  • Melakukan percakapan baru dengan kontak apa pun, atau mencari percakapan yang ada.
  • Melihat info kontak.
  • Melakukan obrolan grup baru, chatting dalam obrolan grup, dan melihat info grup.
  • Mengaktifkan atau menonaktifkan peringatan dan suara notifikasi di komputer atau laptop kalian.
  • Membagikan foto dan video, dokumen, dan kontak.
  • Mengirim emotikon, GIF, dan stiker, serta catatan suara.
  • Melihat pembaruan Status WhatsApp dari kontak apa pun.
  • Memilih beberapa pesan, dan menghapusnya.
  • Membalas, meneruskan, membintangi, atau menghapus pesan.
  • Mengubah profil kalian.

Apa yang TIDAK BISA kalian lakukan dengan WhatsApp Web

  • Kalian tidak bisa mengirim pesan ke banyak orang sekaligus (Broadcast Message).
  • Kalian tidak bisa membuat atau menerima panggilan Suara WhatsApp atau panggilan Video WhatsApp.
  • Kalian tidak bisa membuat pembaruan Status WhatsApp baru.
  • Kalian tidak bisa berbagi peta atau lokasi kalian saat ini.
  • Kalian tidak bisa mengubah pengaturan unduhan media, jadi semua foto dan video yang dikirim ke kalian diunduh secara otomatis.
  • Kalian tidak bisa membuka dua akun WhatsApp di satu browser di komputer secara bersamaan. (Hal ini bisa kalian curangi dengan membuka Incognito Mode atau membuka program browser lain)
  • Pengaturan yang terbatas hanya pada pemberitahuan melalui WhatsApp Web dan wallpaper obrolan.

Cara keluar dari WhatsApp Web

Jika kalian menggunakan WhatsApp Web di komputer kalian sendiri, tidak masalah jika kalian menutup program browser tanpa log out (mengeluarkan akun) WhatsApp kalian meskipun sudah selesai menggunakannya.
Tapi jika kalian menggunakannya di komputer orang lain, sebaiknya kalian logout akun kalian setelah kalian selesai. Dan sebaiknya, kalian logout akun kalian baik yang ada di komputer maupun aplikasi di hp kalian.
Caranya me-log out akun WhatsApp cukup mudah.

1. Untuk keluar dari WhatsApp Web di komputer, tekan tombol Menu (Titik tiga) > Logout.



2. Untuk keluar dari WhatsApp Web dari semua perangkat yang tersambung dengan hp kalian, tekan tombol Menu (Titik tiga) > WhatsApp Web > Log out from all devices.





Piye? Gampang kan? Itulah cara menggunakan WhatsApp di komputer atau laptop dengan WhatsApp Web. Menurut Caranepedia, menggunakan WhatsApp Web ini ada keuntungannya, yaitu bisa menulis dengan cepat, karena menggunakan keyboard komputer atau laptop. Tapi kalau kalian tidak terbiasa mengetik keyboard dengan cepat, ya sama saja. Hehehe... . Jadi ya, semoga bermanfaat~